Cara Membuat Custom Akhiran Domain Sendiri (Custom LTD)

1 comment
cara membuat akhiran domain custom sendiri (custom LTD)

Pernah gak sobat menemukan domain yang berakhiran seperti .live, .travel, .google, .new, .ooo, .fan, dll. Yang akhirannya aneh-aneh pokoknya wkwk. Domain ini biasa disebut Custom LTD (Top Level Domain kalai bahasa indonesia-nya). Pernah punya pikiran mau beli nama akhiran sendiri gak? Kalau admin sih pernah kepikiran mau beli akhiran .kitahu, jadinya hafiyyan.kitahu wkwk. Keren gak? Wkwkwk.

Sebelum itu sobat udah pada tau belum apa itu domain? Kalau belum baca ini ya https://www.kitahukomputer.com/2016/04/pengertian-domain-untuk-website.html

Domain yang biasa kita temuin seperti .com itu mudah banget bikinnya, cukup mengeluarkan uang sekitar Rp 135.000 (Tergantung siapa yang jual sih).   Nah kalau buat custom LTD sobat harus mengeluarkan uang sebesar $185.000 atau sekitar Rp 2.709.232.500 (Ketika kurs $1 = Rp 14.664). Mahal banget kan. Sanggup beli wkwk?

Belinya domainnya ke siapa ya? Sobat udah pernah denger ICANN belum? ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah organisasi nirlaba yang bertugas mengarahkan pengelolaan dan prosedur beberapa pangkalan data ruang nama dan ruang numerik Internet, menjamin kestabilan dan keamanan operasi jaringan. Itu tadi pengertian dari wikipedia wkwk. Bahasa sederhananya Organisasi dunia yang mengatur semua nama domain. Nah misalnya domain .com itu yang ngelola semuanya ICANN.

Terus syaratnya tinggal bayar segitu doang? Eits tunggu dulu. Begini prosedurnya. Pertama-tama Sobat harus mengajukan dulu mau bikin domain apa ke ICANN. https://archive.icann.org/en/topics/new-gtlds/dag-en.htm itu kalau mau baca cara pengajuannya secara lengkap. Nah pengajuannya itu sekalian bayar $185.000 ya. Nah setelah itu tunggu keputusan ICANN menerima domain kita apa enggak. Jadi ada kemungkinan bisa gak keterima ya? Iya gak semua yang mengajukan pasti keterima. Kalau keterima alhamdulillah, tapi itu harga per tahun, untuk memperpanjang lagi harus bayar $25,000 per tahun atau sekitar Rp 366.112.500 ($1 = Rp 14.664). Kalau gak keterima bagaimana? Kalau gak keterima uangnya akan dikembalikan dikembalikan sebagian. Cuma dikembalikan sebagian? Iya, buat jumlah pastinya admin belum tau.

Sobat pernah dengar perusahaan Afilias gak? Nah itu perusahaan jasa yang mengurusi pembuatan domain custom LTD. Kalau sobat mengajukan langsung ke ICANN mungkin akan melalukan banyak kesalah karena tidak punya pengalaman. Perusahaan ini memang perpengalaman disini. Tapi harganya jadi lebih mahal ya karena ada biasa jasanya. Gimana? Tertarik mau bikin? Wkwkwk

Ayo patungan beli domain baru yuk. Tulis di kolom komentar ya..

Related Posts

1 comment

  1. Haha,, akhirnya nemu yang bahas juga,
    Dulu dari jaman smp sampai masuk kuliah, penasaran banget cara buatnya, apalagi enggak tau keyword yang tepat buat carinya di google, pas nanya ke dosen juga gak tau..
    Setelah lulus kuliah, ketemu juga, tapi semuanya yang bahas bahasa inggris..
    Eh ini iseng nemu ada yang bahas.,, haha¬
    Masih terbilang mimpi buat bikin costum tld sendiri XD

    ReplyDelete

Post a Comment