[ TUTORIAL ALPRO 2 ] – Penulisan Algoritma, Flowchart, dan Pseudocode

8 comments

Halo teman – teman. Pada kesempatan kali ini Saya ingin membahas tentang Penulisan Algoritma, Flowchart, dan Pseudocode. Pasti sobat masih asing mendengar kata tersebut kan... Oh iya bagi yang belum baca artikel sebelumnya, baca dulu ya agar artikel ini mudah dipahami.

Tidak ada aturan baku dalam penulisan Algoritma. Yang penting mudah dibaca dan dipahami. Tetapi untuk menghindari kekeliruan dan miskomunikasi antar programmer, maka dibuatlah cara – cara tersendiri. Untuk itu terdapat 3 cara yang digunakan dalam menuliskan Algoritma yaitu:

  • Algoritma Narasi
  • Algoritma Flowchart
  • Algoritma Pseudocode

Berikut ini akan saya jelaskan masing – masing tata cara penulisan algoritma tersebut:

Algoritma Narasi

Penulisan Algoritma dengan cara ini dilakukan dengan menuliskan instruksi – instruksi yang harus dilaksanakan secara berurutan dalam bentuk uraian kalimat dengan menggunakan bahasa yang jelas. Tidak ada aturan yang baku dalam menuliskan algoritma dengan  cara ini, sehingga sobat dapat membuat aturan penulisan dan notasi algoritma sendiri.

Notasi penulisan algoritma dengan cara ini cocok menuliskan algoritma yang pendek. Cara ini paling sering digunakan karena paling mudah dibuat, tetapi paling sulit untuk diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman. Saya pribadi biasanya menggunakan cara ini ketika ngoding karena tidak perlu mengingat kemampuan teknis dalam menulis algoritma. Berikut ini adalah contoh dari penulisan algoritma narasi:

Oh iya yang dibagian kurung { text } itu komentar ya. Boleh ditulis boleh juga tidak. Alangkah lebih baiknya ditulis karena nanti takut lupa.

Algoritma Flowchart

Flowchart adalah sebuah diagram atau bagan yang terdiri dari simbol – simbol yang menggambarkan urutan proses atau algoritma secara runtut dan detail beserta hubungan antara satu proses dengan proses lainnnya.


(Contoh Flowchart Ganjil-Genap)

Simbol Flowchart

Pada flowchart tidak menggunakan simbol sembarangan ya. Ada simbol – simbol khusus yang digunakan. Berikut simbol dan penjelasannya:


Ada simbol – simbol flowchart lainnya, tetapi yang diatas adalah yang paling sering digunakan. Untuk yang baru belajar pemrograman, 5 simbol tersebut sudah cukup untuk dipelajari.

Tadi kita sudah membuat algoritma penjumlahan dengan narasi, sekarang kita buat dengan flowchart. Berikut ini algoritma penjumlahan dengan flowchart:

Algoritma Pseudocode

Pseudocode adalah cara penulisan algoritma yang hampir menyerupai Bahasa Pemrograman, namun Pseudocode ditulis lebih sederhana dengan menggunakan bahasa baku yang mudah dipahami oleh manusia.

Jadi Pseudocode digunakan untuk menggambarkan logika dari suatu ide program tanpa memandang Bahasa Pemrogramman yang akan digunakan. Berikut ini adalah contoh algoritma penjumlahan yang ditulis menggunakan Pseudocode:

Sedangakan gambar dibawah ditulis menggunakan bahasa C

Pseudocode ini yang paling banyak dipelajari di perkuliahan, perlombaan, dll. Untuk penjelasan lebih rinci tentang pseudocode ini akan dijelaskan pada tutorial berikutnya.

Yang harung diperhatikan

Coba sobat perhatikan contoh dari tiap – tiap algoritma diatas. Disitu terdapat bagian – bagian algoritma, yaitu:

  • Judul (Header)
  • Deklarasi
  • Deskripsi

Berikut ini adalah penjelasannya:

Judul (Header)

Judul merupakan bagian yang terdiri atas nama algoritma dan penjelasan (spesifikasi) tentang algoritma tersebut.

(Header Penulisan Algoritma Narasi)

Deklarasi / Kamus

Bagian deklarasi atau kamus adalah bagian yang mendefinisikan semua data yang dipakai di dalam algoritma. Penulisan sekumpulan nama dalam dalam bagian deklarasi sebaiknya dikelompokkan menurut jenisnya.

(Deklarasi Penulisan Algoritma Narasi)

Deskripsi

Bagian deskripsi adalah bagian inti dari suatu algoritma. Bagian ini berisi uraian langkah-langkah penyelesaian masalah. Setiap langkah ditulis secara terurut. Jadi, kalau urutan yang pertama diubah menjadi urutan kedua maka akan mengakibatkan algoritma tidak dapat berjalan dengan semestinya.

(Deskripsi Penulisan Algoritma Narasi)

Video Pembahasan



Sumber:
https://ilmuonline.net/pengertian-flowchart-dan-contoh-penerapannya/
https://kelasprogrammer.com/flowchart-bilangan-ganjil-genap/
https://dosenit.com/kuliah-it/rpl/contoh-algoritma-pemrograman-dasar
https://pradiptaagus.blogspot.com/2016/09/penulisan-algoritma.html

Related Posts

8 comments

  1. Susah yah belajar ilmu gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok mas. Yang penting ada niat dan semangat semua pasti menjadi mudah

      Delete
  2. Saya enggak begitu paham, kayaknya kudu baca sama praktik ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, agar lebih paham harus dipraktikin juga. Itu sudah Saya buatkan video pembahasannya. Semoga bermanfaat.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Kok aku otakq jadi ngelag yh baca ini hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email