Review Digibank VS Jenius Update 2020

10 comments

Ada yang tahu Bank ini? Digibank dan Jenius merupakan Bank digital di Indonesia. Kelebihan Bank ini dibanding dengan Bank lainnya (seperti Mandiri, BNI, BRI, dll) adalah Bank ini bebas biaya admin, gratis transfer ke Bank lain, gratis tarik tunai di semua mesin ATM, dan masih banyak lagi kelebihan lainnya. Semua transaksi perbankan bisa dilakukan melalu smartphone tanpa harus pergi ke Bank. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi dbs.id/digibank (Digibank) dan jenius.com (Jenius)

Digibank VS Jenius, nama yang terbaik

Artikel ini adalah review pribadiku ya... tidak ada promosi atau endorse dari pihak yang bersangkutan. Ini pengalaman pribadiku menggunakan Digibank dari Mei 2018 dan Jenius dari September 2020.

Pertama kali, Aku membuka rekening Digibank karena waktu itu lagi gencar-gencarnya Digibank beriklan. Waktu itu juga Digibank baru masuk ke indonesia. Jadi banyak promo-promo yang ditawarkan. Tapi di tahun 2020 promonya berkurang dan Aku mendaftar Jenius. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah review pribadi Saya menggunakan Digibank vs Jenius di tahun 2020. Baca juga postingan awalku tentang Digibank Bank Tanpa Biaya Admin, Digibank

Bank Penerbit

Jenius diterbitkan oleh Bank BTPN sedangkan Digibank oleh Bank DBS. Bank DBS adalah Bank No.1 di Singapura. Ibarat seperti Bank Mandiri kalau di Indonesia. Bank DBS sangat terkenal di Singapura. Jika diukur assets yang dimiliki, Bank DBS memiliki assets yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Bank Mandiri. Bank DBS sudah memiliki banyak cabang di dunia, sedangkan Bank BTPN baru di Indonesia. Bank BTPN dianggap Bank kecil oleh masyarakat Indonesia. Tapi jangan salah, Bank BTPN adalah member dari SMBC Group yang berasal dari Jepang.

Jenius = BTPN, Digibank = DBS

Keamanan

Baik Digibank maupun Jenius, Aku belum pernah mendapatkan kejadian kehilangan uang. Semuanya sama-sama sudah menerapkan keamanan di aplikasinya. Tetapi bank DBS dinobatkan sebagai Bank teraman se-asia. Tapi menurutku semuanya aman.

Kantor Bank

Kalau ini Bank BTPN yang menang. Hampir ada kantor cabang Bank BTPN disetiap kabupaten. Sedangkan Bank DBS hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, dll.

Cara Membuka rekening

Aku lebih suka Jenius dalam membuka rekening. Jenius hanya scan KTP dan foto dengan KTP, kemudian untuk aktivasinya bisa datang ke kantor cabang Bank BTPN atau video call dengan customer service-nya. Aku memilih video call. Oh iya,   kalau memilih video call siapkan KTP dan SIM. Kalau misalnya belum punya SIM, bisa pakai KTP saja.

Sedangkan Digibank itu nanti ada agen yang datang ke rumah Kita untuk scan KTP dan scan sidik jari Kita. Jadi di aplikasinya itu Kita disuruh memilih hari dan jamnya. Waktu Saya membuka rekening, agennya agak telat satu jam. Itu sih yang Aku tidak suka. Kalau misalnya agennya tidak telat, itu bisa jadi nilai tambah buat Digibank.

Kartu Debit

Secara fisik, Aku lebih menyukai kartu fisik Digibank. Soalnya ada tulisan Visa Platium-nya. Aku gak tau apa fungsi dari Visa Platium, tapi bangga aja ada tulisan platinumnya 😆, soalnya kartu Bank lain gak ada tulisannya. Terus Kartu Debit Digibank sudah 3D Secure. Jadi apabila Kita transaksi, nanti disuruh untuk memasukkan OTP yang dikirim ke smartphone kita. lebih amankan. Sedangakan kartu fisik Jenius tulisannya Visa Debit dan belum 3D Secure.

Kartu debit digibank
Kartu Debit Digibank

Tapi Jenius ada kelebihannya. Jenius ada 3 macam kartu; m-Card, e-Card, x-Card. Nah kalau mau transaksi online dianjurkan untuk menggunakakn e-Card. e-Card adalah kartu debit sekaligus kartu kredit yang berbentuk elektronik. Kartu Digibank hanya bisa digunakan untuk transaksi debit, sedangkan kartu Jenius bisa kredit & debit juga. Misalnya kita ingin membeli games di steam. Untuk membayarnya bisa menggunakan kartu kredit atau voucher. Kalau voucher harganya lebih mahal, kalau kartu kredit harganya sama. Nah Kita bisa bayar menggunakan e-Card-nya Jenius, sedangkan Digibank tidak bisa.

Kartu Jenius
Kartu Jenius

Performa Aplikasi

Buat performa aplikasi, Aku lebih menyukai Jenius karena lebih responsif dan lebih cepat aja. Oh iya, Aku menggunakan device iPhone 6S 64 GB. Aplikasi Digibank agak lama ketika masuk ke aplikasinya karena aplikasinya banyak mem-verifikasi HP kita, soalnya kan Digibank Bank teraman, jadi agak lama ketika ingin masuk aplikasinya. Sedangakan Jenius sangat cepat. Kayak masuk ke aplikasi OVO. Untuk UI/UX aplikasinya sudah oke semua, tidak ada masalah.

Digibank maupun Jenius bisa dibuka melalui web browser. Fitur web browser-nya Digibank tidak selengkap di aplikasinya. Kita tidak bisa transfer ke orang yang belum ditambahkan ke daftar penerima. Sedangkan Jenius aplikasi web browser-nya sama persis seperti aplikasi mobile. Semua fiturnya sama saja antara di mobile dan di browser. Digibank tidak bisa seperti Jenius mungkin karena masalah keamanan. Untuk web browser, Aku lebih menyukai Jenius.

Fitur dan Layanan

Ada di Jenius & Digibank

  • Transfer dana
  • Transfer mata uang asing
  • Isi e-wallet, pulsa, tagihan, dll
  • Deposito
  • Rekening Saver (rekening tabungan dengan bunga tinggi)
  • Rangkuman transaksi

Hanya ada di Jenius

  • Scan QRIS
  • Bisa punya banyak kartu
  • cashtag (Transfer tanpa No. rekening)
  • Profile Bisnis
  • Split bill (Untuk patungan)
  • Pay me (Minta uang)
  • Jenius Token

Hanya ada di Digibank

  • Obligasi
  • Chatbot
  • KTA (Pinjaman Online)
  • Di SMS setiap transaksi

Promo

Digibank memiliki banyak promo, sedangkan Jenius tidak terlalu banyak. Untuk mendapatkan promo terbaru silahkan kunjungi jenius.com/everyyay (Jenius) dan dbs.id/digibank/id/id/promo-digibank.page (Digibank)

Biaya dan Limit

Semua bebas biaya administrasi, gratis tarik tunai, gratis transfer ke bank lain, dll. Pokoknya semua serba gratis dan transparan. Untuk info selengkapnya kunjungi jenius.com/rates-and-limits (Jenius) dan dbs.id/digibank/id/id/biaya-dan-limit.page (Digibank).

Verifikasi Biometrik

Baik Digibank maupun Jenius, semuanya sudah ada fitur tersebut. Jadi kalian bisa menggunakan Touch ID ataupun Face ID untuk login ke aplikasinya. Karena Aku menggunakan iPhone 6S jadi menggunakan Touch ID. Jujur Aku lebih menyukai login ke aplikasinya Jenius. Kayak masuk ke aplikasi OVO/DANA/e-money lainnya, Cepet langsung bisa masuk. Sedangkan aplikasi Digibank itu di aplikasinya kayak ada loading tambahan untuk mengirimkan token rahasinya gitu, jadi di Digibank ada sesuatu tambahan yang membuat aplikasi ini lebih aman, Itu kelebihan Digibank. Tapi karena ada keamanan extra tersebut, loginnya jadi gak semulus Jenius.

Lebih bagus yang mana?

Semua sama-sama bagus. Lebih bagus mana? tergantung kebutuhan. Kalau mencari yang aman pilih Digibank. Ingin pergi ke Singapura pilih Digibank. Kalau ingin transaksi menggunakan kartu kredit, tetapi tidak memilikinya, bisa menggunakan Jenius. Alangkah lebih baiknya memiliki keduanya.

Oke itu semua review Digibank VS Jenius Update Oktober 2020. Sekali lagi ini merupakan review pribadi Saya menggunakan kedua Bank ini. Tidak ada promosi atau endorse. Ada pertanyaan / kesalahan / masukan silahkan comment dibawah. Sekian. Terima kasih.

Related Posts

10 comments

  1. Anonymous11/23/2020

    Digibank gak bisa Verifikasi biometrik online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik digibank maupun jenius, semuanya bisa verifikasi biometrik. Mau pakai touch ID atau face ID semua bisa.

      Delete
    2. Anonymous11/24/2020

      Maksud saya gak perlu datang ke booth atau janjian sama agen gitu?

      Delete
    3. Anonymous11/24/2020

      Bener-bener online tanpa ke booth atau janjian sama agen, meetless?

      Delete
    4. Kalau Jenius nanti verifikasinya pakai video call sama customer support jenius. Cuma disuruh nunjukin KTP dan SIM. Jadi kalau misalnya lagi di luar negri tetap bisa buka rekening.

      Kalau digibank nanti ada agen yang datang ke rumah kita. Cukup siapkan e-KTP. Bukan KTP yang lama ya, soalnya ada chip di e-KTP yang discan sama agennya. Terus cuma kota-kota besar aja yang bisa ketemuan sama agennya seperti jakarta, bandung, dll.

      Kalau misalnya kota kita tidak tersedia agen, kita bisa pilih verifikasi lainnya seperti datang ke booth atau ke kantor bank DBS langsung. Rata-rata kantor dan booth tersedia di kota-kota besar. Buat lokasi lengkapnya bisa lihat di situs Digibanknya

      Delete
  2. Gan, katanya udah pake biaya bulanan ya Jenius? sad banget ya. Kalo DBS masih gratis ngga ya? Trus Digibank ada biaya trf kalo lewat atm gan kalo ane baca di situsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous12/03/2020

      Kalo Digibank masih gratis, dan transfer ke bank lain juga gratis dengan syarat saldo diatas 1 juta dan harus lewat aplikasi Digibank, kalo lewat ATM kena biaya, sedangkan untuk tarik tunai gratis 5 kali/bulan dengan syarat saldo diatas 1 juta,

      Delete
  3. Setelah tau kabar kalau Jenius bakal fitur Feasible, saya agak sedikit ill feel, kenapa gak terus terang aja dengan kata "Administrasi gitu", kan rasanya lebih terbuka. Haha.
    Akhirnya saya coba install beberapa Jenius alternatif, seperti DBS,
    Dan setelah beberapa minggu pake buat transaksi, Jenius masih lebih baik karena aplikasinya lebih simpel.
    Yaelah, cuma biaya 10K per bulan gak rugi-rugi banget buat fiturnya¬

    ReplyDelete
    Replies
    1. tp klo 10rb adminnya, mending bank himbara aja skalian kan banyak yg dibawah 10rb juga

      Delete
  4. Wahh otw daftar digibank

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email