Bisnis Tanpa Modal, Cuan Paling Besar

Loh kok blog tentang IT membahas bisnis? Wait-wait tunggu dulu… Iya bisnis tanpa modal dan yang cuannya paling besar itu ada di dunia IT. Kali ini admin ingin berbagi wawasan tentang peluang bisnis di dunia IT, terutama di bidang Software Engineering.

Sebelumnya mau ngasih info dulu bahwasannya tulisan ini diperuntukkan untuk yang lagi bingung ingin membuka bisnis apa, orang yang memiliki kesulitan ekonomi tapi ingin mengubah hidup, dan siapa saja yang tertarik di bisnis dan IT. Disclaimer dulu ya, ide ini kelihatannya mudah, tapi pada kenyataannya tidak semudah teorinya. Jadi sebelum memulai bisnis coba pelajari lebih dalam lagi ya biar tidak buang-buang waktu dalam membangun bisnis.

Berikut ini akan admin jabarkan beberapa ide bisnis di IT beserta peluangnya dan hitung-hitungannya:

1. Bisnis Pembuatan Software, seperti Software house, IT Solution, IT Consultant, Software as a service, dll

Yang pertama ini bisnis tanpa modal. Paling kalau mengeluarkan modal paling sekitar <1 juta. Contoh kasusnya seperti ini.

Aplikasi Sistem Informasi Sekolah
Aplikasi Sistem Informasi Sekolah

Ini adalah salah satu contoh produk di bidang software development. Kalian bisa buat sebuah produk seperti itu kemudian dijual. Gampangkan. Dijual berapa? Nih lihat harganya.

Aplikasi Sistem Informasi Sekolah
Harga Aplikasi Sistem Informasi Sekolah

Harga diatas kalau untuk paket lengkapnya mulai dari 180 Juta untuk 1 sekolah, kalau misalnya ada 10,11,12,....,100 sekolah, cuan berapa tuh. Tinggal pusing ngoding di awal, terus selanjutnya tinggal copas-copas aja.

Paling nanti ada beberapa yang di fitur yang custom gitu, kalau gitu tinggal ubah ubah dikit aja programnya, atau mungkin mau nambahin fitur baru tinggal coding dikit aja, terus pasang tarif tambahan deh.

Berapa sih bikin itu modalnya?

Kalau kamu ngerjain sendiri modalnya  <1 juta, bahkan bisa Rp 0 modalnya. Serius modalnya segitu? iya segitu modalnya. Jadi gini, kalian tinggal beli template admin di themforest deh, terus bikin backend-nya pakai strapi yang langsung jadi. Kalau sudah tinggal integrasikan aja antara backend dan frontend-nya gitu.

Kalau gak bisa coding gimana?

Ya paling kalian harus belajar coding dulu. Tinggal nonton youtube, terus ikutin deh, atau kalian bisa ikut kursus berbayar, paling harganya gak sampai 500 ribu buat belajarnya. Aku rekomendasikan kalian beli kursus di buildwithangga. Itu cara belajarnya base on project gitu jadi menurutku lebih mudah sih. Kalau gak ada waktu untuk belajar, mungkin kalian bisa hire orang. Biar murah, hire aja fresh graduate yang jago coding. Terus diperbolehkan kerja remote. Kasih aja gajinya UMR, pasti pada mau. Kalau gak mau hire orang, mungkin kalian bisa melakukan drop servicing.

Oh iya btw, software diatas namanya simsekolah, ini bukan endorse ya.

2. Drop Servicing

Apa itu Drop Servising? kalau kalian pernah mendengar dropshipping, ya mirip seperti dropshipping. Kalau dropshipping kan menjual barang yang bukan milik sendiri. Sedangkan kalau Drop Servicing itu menjual jasa tetapi jasa itu bukan dari kita. Seperti ini gambarannya.

Ilustrasi Drop Servicing
Ilustrasi Drop Servicing

Jadi seperti gambar diatas, misalnya kalian mencari seseorang (client) yang ingin dibuatkan sebuah program aplikasi rumah sakit. Nah kalian cari programmer / freelancer yang bisa buat aplikasi itu. Jadi misalnya harga aplikasi rumah sakitnya 100 juta, nah kalian cari tuh programmer terus bilang nanti dibayar 50 jt. Lumayan kan kalian cuan 50 juta. Nah kalian cari programmer bisa dari freelancer, sribulancer, project.co.id, dll.

3. Membuat StartUp

Selanjutnya buat startup. Pastikan sebelum membuat startup, ide kalian dibutuhkan sama pasar ya. Mayoritas startup gagal karena ide yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan pasar.

4. Jasa Sosial media

Selanjutnya kalian membuat perusahaan yang mengurusi sosial media perusahaan atau orang. Nanti kalian yang membuat content-nya, posting, iklan, dll yang membuat agar perusahaan tersebut terkenal. Lumayan loh ini, cara ngejalaninnya gampang dan bayarannya lumayan mahal.

5. Jasa desain grafis

6. Penulis dan SEO

7. Jual software orang

8. Buat kursus programming online

9. Jasa service komputer

10. Dan masih banyak lainnya, cari sendiri ya

Nah itu semua adalah beberapa ide bisnis di bidang IT. Modalnya kecil loh, modal terbesar hanya ilmu dan semangat. Semoga sukses ya bisnisnya. Kalau misalnya ada yang mau ditambahkan bisa tulis di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca.

Newest Older

Related Posts

Post a Comment