[ TUTORIAL ALPRO 10 ] - Prosedur dan Fungsi

Sobat pernah melihat orang ngoding sampai 1000 baris gak? Pasti bakalan pusing kalau kode yang ditulis runtut dari atas sampai akhir. Oleh karena itu perlu ada pemecahan kode agar efisien. Pemecahan kode tersebut bisa menggunakan fungsi dan prosedur. Jadi tinggal dipanggil ketika dibutuhkan.

Prosedur

Prosedur adalah suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai sub-program (program bagian). Prosedur biasanya bersifat suatu aktifitas seperti menghitung luas, meghitung faktorial, mencari nilai maksimum/minimum, dll. Prosedur bukan program yang berdiri sendiri, jadi ia tidak dapat dieksekusi secara langsung. Harus dipanggil oleh program utama. Berikut ini notasi algoritma dari prosedur:

Parameter

Prosedur bisa menggunakan parameter bisa juga tidak. Apa itu parameter? Parameter adalah nama-nama variabel yang dideklarasikan pada bagian header prosedur. Berdasarkan penggunaannya, parameter ada 3 jenis yaitu:

  1. Parameter masukan : parameter untuk memasukkan data ke dalam prosedur.
  2. Parameter keluaran : parameter untuk mengeluarkan data yang telah diproses oleh prosedur.
  3. Parameter masukan dan keluaran : parameter yang bisa berfungsi untuk keluaran dan masukan.

Fungsi

Fungsi sama seperti halnya dengan prosedur, namun tetap ada perbedaannya yaitu fungsi mempunyai output dengan tipe variabel yang kita tentukan. Berikut ini notasi algoritma dari fungsi:

Perbedaan fungsi dengan prosedur

Berikut ini adalah perbedaan fungsi dengan prosedur:

  • Pada fungsi, nilai yang dikirimkan balik terdapat pada nama fungsinya (kalau pada prosedur pada parameter yang dikirimkan secara acuan).
  • Karena nilai balik berada di nama fungsi tersebut, maka fungsi tersebut dapat langsung digunakan untuk dicetak hasilnya. Atau nilai fungsi tersebut dapat juga langsung dipindahkan ke pengenal variabel yang lainnya.
  • Pada prosedur, nama prosedur tidak dapat digunakan langsung, yang dapat langsung digunakan adalah parameternya yang mengandung nilai balik.

Praktik

Untuk memahami fungsi dan prosedur lebih dalam, bisa mencoba mengetik kode program berikut ini:

Video Pembahasan

Terima kasih:
MODUL ALPRO LAB SEA
https://zaharaahyesa.wordpress.com/2014/02/08/perbedaan-fungsi-dan-prosedur-pada-algoritma-pemograman/

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email