Pengertian Domain Untuk Website

Pengertian Domain Untuk Website

Nih Gan... saya kasih tahu penjelasan mudahnya.

Untuk membuat website, domain Merupakan Bagian yang perlu diketahui dahulu. Ok,.. Jika Kita Ilustrasikan ke Dunia Nyata, Domain Merupakan Nama Jalan. Ex : Jl. Jendral Sudirman, Jl. Majapahit dll. Bisa disimpulkan Jika Seorang User Hendak Mengunjungi sebuah Website. Maka yang pertama kali harus dia tahu adalah Nama Domainnya.

Pada Dasarnya, Komputer Berkomunikasi satu sama lain menggunakan IP Address. Karena beberapa alasan termasuk sulitnya mengingat angka, Maka dibuatlah sebuah konsep Domain. DNS atau Domain Name Server bertugas memetakan alamat IP menjadi Nama dan sebaliknya (Nama ke Alamat IP). Sehingga Sebuah Website dapat diakses dengan Nama dan IP Addres. 

Penggunaan Nama Domain Telah diatur sedemikian rupa, sehingga kita dapat menyesuaikan sendiri nama domain yang akan digunakan dalam membangun website. Suatu misal jika ingin membangun website sekolah gunakanlah domain .sch.id (sch berarti School atau sekolah sedangkan id berarti Indonesia dapat disimpulkan sekolah yang ada di Indonesia), .ac.id (Untuk Akademik/Kampus), .org (Untuk Organisasi), .com (untuk komersil), .go.id (Untuk Pemerintahan) dan lain sebagainya. 

Jika kita berbicara struktur, Maka Tingkat Tertinggi dari Domain adalah (.) atau Root. Selanjutnya ada Top Level Domain, Second Level Domain dan Sub domain. 

Terima kasih sudah membaca.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email