[ TUTORIAL PHP #0 ] - Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar PHP

[ TUTORIAL PHP #0 ] - Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar PHP

Pengertian PHP

PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. PHP di kembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf, dan sekarang dikelola oleh The PHP Group. Situs resmi PHP beralamat di http://www.php.net.

PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client).

Keunggulan PHP

  1. Gratis
  2. Cross platform. Artinya dapat digunakan di berbagai sistem operasi.
  3. Mendukung banyak database.
  4. On The Fly. Artinya dengan php Anda dapat membuat document text, Word, Excel, PDF, menciptakan image dan flash, juga menciptakan file-file seperti zip, XML, dan banyak lagi.

Instalasi

Ada beberapa yang harus dipersiapkan sebelum memulai coding PHP. Berikut adalah beberapa yang harus diinstall:

  • Install Web Server
Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

Beberapa aplikasi paket Web Server antara lain:
- XAMPP (versi Windows).
- WAMP Server.
- APPServ.
- PHPTriad, dll

Pada tutorial ini penulis menggunakan WAMP Server karena waktu install XAMPP terjadi error ketika diinstall di Windows 10.

Download WAMP Server di http://www.wampserver.com/en/

  • Install Code Editor
Pada tutorial ini penulis menggunakan Code Editor Microsoft Visual Studio Code karena fiturnya banyak, mudah digunakan, dan banyak digunakan oleh developer. download https://code.visualstudio.com/

  • Install Browser

Ada banyak sekali browser, tapi pada tutorial kali ini penulis menggunakan browser google chrome. Download https://www.google.com/intl/id_id/chrome/

Cukup sekian tutorial [ TUTORIAL PHP #0 ] - Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Belajar PHP. Comment jika ada yang ditanyakan. Terima kasih

Thanks: duniailkom.com, Achmad Solichin, dan Loka Dwiartara

Related Posts

Post a Comment