Perbedaan Shared Hosting, VPS, Cloud, dan Dedicated Server

Artikel kali ini akan mengulas apa perbedaan Shared Hosting, VPS, Cloud, dan Dedicated Server. Membuat sebuah website diperlukan sebuah server. Ada banyak sekali jenis server dengan harga berbeda-beda. Sebelum membuat sebuah website, pastikan sobat memilih layanan server yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Tanpa berbasa-basi ini dia perbedaan antara Shared Hosting, VPS, Cloud Hosting, dan Dedicate Server.

Perbedaan Shared Hosting, VPS, Cloud, dan Dedicated Server

Shared Hosting

Apa itu Shared Hosting? Shared Hosting adalah hardware komputer tempat menyimpan file dan data yang dibutuhkan website agar bisa diakses dan dikelola melalui internet. Shared Hosting atau biasa disebut Hosting bisa diumpamakan seperti sebuah asrama yang mana satu kamar dengan ukuran 5 x 10 meter bisa diisi sampai 10 orang. Sama halnya dengan Hosting. satu komputer besar (server) bisa digunakan oleh puluhan bahkan ratusan website. Banyak sekali layanan yang menjual Hosting, salah satunya https://www.domainesia.com. Apabila sobat ingin mendapatkan discount 20%, masukkan code promo KITAHUHOSTING

Kelebihan Shared Hosting

Murah dan mudah. Sobat sudah bisa mendapatkan hosting secara gratis (Rp. 0,-) untuk membuat sebuah website. Ini merupakan harga dari situs https://www.hostinger.co.id/. Tapi rata-rata hosting harganya sekitar Rp. 100.000 - Rp. 500.000 per tahun tergantung spesifikasi dan penyedia layanan. Kemudian hanya dengan beberapa klik, sobat sudah bisa memiliki sebuah website. Tidak perlu setting yang ribet-ribet.

Kekurangan Shared Hosting

Apabila server down (tidak bisa diakses), maka seluruh website yang ada di server tersebut akan down. Ibarat tadi sebuah asrama, apabila satu orang terkena corona, maka semua orang di kamar tersebut kemungkinan akan terkena corona juga.

VPS

VPS (Virtual Private Server) adalah server pribadi virtual yang keseluruhan sumber daya  nya seperti, RAM, Prosessor, Hard Disk, dll, hanya digunakan oleh satu pengguna saja dan tidak dipengaruhi oleh pengguna lain. VPS bisa diibaratkan seperti kontrakan. satu rumah kontrakan hanya diisi oleh keluargamu saja. Kenapa dinamakan virtual? karena satu komputer server besar besar dibagi menggunakan software khusus sehingga dalam satu server fisik besar bisa terdapat beberapa VPS yang dijalankan. VPS digunakan untuk menutupi kekurangan hosting. Apabila ada website lain di server tersebut down, maka website lainnya tidak kena. Banyak sekali layanan yang menjual VPS, salah satunya https://www.domainesia.com. Apabila sobat ingin mendapatkan discount 20%, masukkan code promo KITAHUKOMPUTERVPS

Cloud

Cloud / Cloud Hosting / Cloud Server adalah gabungan dari beberapa komputer server agar meningkatkan performa. VPS tadi hanya satu buah komputer server saja. Cloud gabungan dari beberapa komputer server, jadi apabila website terlalu banyak pengunjung, maka bisa menggunakan resourse komputer server lainnya. Kekurangan dari Cloud adalah harganya mahal. Biasanya penyedia layanan ini memberikan harga agar terlihat murah dengan membayar berdasarkan resource yang kita gunakan saja. Banyak sekali penyedia layanan cloud seperti Google Cloud, Amazon Web Service, Microsoft Azure, Alibaba Cloud, Huawei Cloud, dll. Layanan cloud yang paling populer adalah AWS (Amazon Web Service).

Dedicated Server

Merupakan satu buah komputer server yang disewa secara utuh. Ini biasa digunakan oleh perusahaan besar yang membutuhkan layanan server yang besar. Harga dedicated server sangat mahal sekali. Bisa sampai puluhan bahkan ratusan juta tergantung resouse-nya.

Ringkasan Perbedaan Shared Hosting VPS Dedicated Server Cloud Server

Berikut ini adalah ringkasan Perbedaan Shared Hosting VPS Dedicated Server Cloud Server:

  • Shared Hosting : Satu server digunakan banyak website.
  • VPS : Setiap pengguna dibagi-bagi resource servernya.
  • Cloud : Kumpulan dari beberapa komputer server.
  • Dedicated Server : Satu komputer server disewa secara utuh.

Sekian perbedaan dari Shared Hosting, VPS, Cloud Server, dan Dedicated Server. Apabila ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Baca juga artikel Cara mengatasi Smartphone yang cepat panas. Semoga bermanfaat.

Sumber : Image by Bethany Drouin from Pixabay, niagahoster.co.id

Related Posts

10 comments

  1. Sekarang jadi paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  2. Replies
    1. Okey. Terima kasih sudah berkunjung mas

      Delete
  3. mantab bang,mudah dimengerti.

    yuk kunjungi https://www.teknomaki.website/

    ReplyDelete
  4. Saya pake blogger, jadinya gak terlalu mikirin hosting. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu enaknya pakai blogger wkwk. Terima kasih sudah berkunjung mas

      Delete
  5. totorial yang sangat bermanfaat mas. makin kreatif attraktive wily ajiph nice keren dan up to date

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas wkwkwk. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete

Post a Comment

Follow by Email