Pengertian CMS (Content Management System) Untuk Website

Pengertian CMS (Content Management System) Untuk Website

Nih Gan... saya kasih penjelasannya uang mudah.

Seperti Kata Pepatah, “Banyak Jalan Menuju Roma”. Banyak Cara yang bisa kita lakukan untuk membangun website. Salah satunya dengan memanfaatkan CMS (Content Management System). Dengan kemampuan yang powerfull, waktu yang singkat dalam pembuatan serta kemudahan dalam penggunaannya CMS menjadi pilihan utama dalam membangun website. Maka Anda yang ingin membangun website sedangkan tidak paham bahasa pemrograman gunakanlah CMS.

CMS saat ini sudah banyak dikembangkan oleh para Developer hingga hampir semua kebutuhan dalam membangun website dapat dilakukan oleh CMS. Adapun beberapa CMS yang sering digunakan adalah : wordpress http://wordpress.org, drupal http://drupal.org, dan joomla http://www.joomla.org. Semuanya dapat anda download secara gratis dalam situs resmi mereka. Berbagai Plugin dan Thema untuk CMS tersebut telah banyak dikembangkan sehingga anda tak perlu khawatir dengan masalah Tampilan yang menarik.

Terkadang dalam mencari informasi di internet kita merasa Waww melihat beberapa website keren yang kita kunjungi. Sekilas terlihat mewah dan terkesan sulit untuk dibuat. Namun Tahukah Anda jika website-website tersebut menggunakan CMS (Kebanyakan Wordpress dan Joomla). Hal ini dapat kita buktikan dengan melihat source code web tersebut. Klik Kanan Browser Pada Website yang sedang kita kunjungi -> View Page Source (Lihat Sumber Laman) jika ada file semacam wp-content atau wp-theme, bisa dipastikan Website tersebut dibangun dengan flatform Wordpress.

Setahu saya, Ada Beberapa Situs Penting di Lombok yang menggunakan CMS : unram.ac.id (wordpress), amikom-asm.ac.id (joomla), lombokbaratkab.go.id (wordpress).

Terima kasih sudah membaca.

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email